Sabtu, 27 November 2010

lagu cinta

lagu cinta


jejaring sosial Mosquelife, Foursquare Versi Islami

Posted: 27 Nov 2010 07:36 PM PST

Internet dan jejaring sosial merupakan bagian yang semakin tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Setelah pemunculan situs-situs tersebut, perkembangan berlanjut ke layanana location based untuk memudahkan pengguna yang ingin berbagi informasi seputar kawasan di mana ia berada kepada pengguna lain.

Situs-situs populer seperti Foursquare, Twitter, Facebook, dan lainnya sudah menyediakan layanan berbasis lokasi. Di tanah air, muncul pula Koprol, jejaring sosial yang prinsipnya serupa dengan Foursquare. Situs ini kemudian diakuisisi oleh Yahoo.

Hari ini, Mosquelife, jejaring sosial berbasis lokasi bernuansa Islami asal Indonesia, diresmikan. Bedanya, MosqueLife memperkenalkan check-in yang unik yaitu check-in ke al-qur’an. "Have you Check-In to al-Qur’an today ? Lets commit a time to read, understand and practise al-Qur’an…," sebut Mosquelife pada tampilan utama situsnya.

"Sebenarnya layanan ini kami hadirkan untuk mewarnai Facebook dengan konten yang menyegarkan," kata Eko Budhi Suprasetiawan, mewakili tim Mosquelife pada VIVAnews, 26 November 2010. "Situs ini juga mencoba mengikuti gelombang populeritas check-in seperti layanan yang disediakan Foursquare," ucapnya.

Fitur Check-in ke al-Qur’an, kata Eko, dapat membantu para Facebooker untuk berbagi ayat-ayat al-Qur’an setiap hari dengan kawan-kawan mereka. "Selain itu, kita juga bisa melihat ayat-ayat apa saja yang sedang dibahas oleh Facebooker.

Untuk mendaftar, pengguna dapat login ke Mosquelife memanfaatkan akun Facebook yang sudah ia miliki. Setiap kali ia membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an dan menemukan ayat yang ingin ia bagikan ke rekan-rekannya, ia dapat menekan tombol Check-In. Ayat ini kemudian akan dibagikan ke teman-teman di Facebook lewat wall si pengguna.

Selain Check-In, pengguna juga bisa memilih Browse untuk melihat siapa saja rekan-rekannya yang sedang membaca atau membahas ayat yang bersangkutan.
"Saat ini kami sedang meriset algoritma untuk menayangkan fitur ayat terpopuler," kata Eko. "Kalau di twitter ada “trending topics” kita di MosqueLife nantinya akan dapat melihat ayat-ayat apa yang sedang banyak dibahas," ucapnya.

Selain dapat dimanfaatkan oleh pengguna PC desktop atau notebook, Mosquelife juga bisa diakses lewat pengguna mobile yang memanfaatkan smartphone. Meski demikian, saat ini versi mobile-nya masih dalam pengembangan. "Tampilannya memang belum pas, akan tetap ini terus kami kerjakan agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna," ucap Eko.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar